Hindari Kepanikan dengan Melihat Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini!



Menanti kelahiran buah hati merupakan salah satu momen yang paling menyenangkan, karena semuanya campur aduk. Pasangan suami istri pasti akan mengalami perasaan ketakutan, kekhawatiran, bahagia tetapi juga tidak bisa dihilangkan rasa was-was atau kepanikan. Melahirkan sendiri merupakan proses yang panjang dan sangat melelahkan, bagi yang sudah pernah pasti paham seperti apa rasanya. Akan tetapi, tidak semua perempuan mengalami yang namanya tanda-tanda akan melahirkan yang sama. Jadi ketika Anda mendapatkan informasi ini itu, tidak selalu bisa menjadi patokan dasar.

Menjadi suami siaga merupakan hal yang paling penting ketika istri sudah memasuki minggu terakhir kehamilan. Supaya tidak merasa panik ketika mengalami hal tersebut lebih baik perhatikan sejak sekarang. Ya, mulai perhatikan seperti apa saja tanda yang bisa muncul dari kehamilan yang sudah memasuki kelahiran. Umumnya, ada beberapa hal yang bisa Anda rasakan seperti:

  1. Janin sudah ke panggul.
Ini merupakan salah satu tanda yang menjadi indikasi kelahiran sudah dekat, tenang karena umumnya bidan atau dokter tempat Anda melakukan kontrol setiap waktu akan memberikan tahukan. Jadi posisi kepala bayi umumnya sudah masuk lebih rendah, itu artinya buah hati Anda siap untuk keluar jadi harus lebih siaga.

  1. Serviks melebar.
Tidak berbeda dengan yang sebelumnya, ini juga termasuk dari tanda yang bisa dirasakan para ibu hamil meskipun tidak semuanya. Dimana serviks lebih lentur atau akan membesar sekitar satu atau dua centimeter sebelum persalinan dimulai. Tetapi umumnya untuk kehamilan awal, pembukaan tersebut memakan waktu lebih panjang dari pada mereka yang sudah pernah melahirkan.

  1. Punggung lebih terasa nyeri.
Pada bagian pangkal paha akan lebih sering merasa nyeri ketika sudah memasuki tanda-tanda akan melahirkan. Hal ini bisa dirasakan seperti halnya saat menstruasi, pegal, nyeri dan terasa sakit. Tetapi tetap tenang yang calon ibu, pengorbanan tersebut akan terbayar semua setelah melihat si kecil ke dunia.

  1. Keluar lendir dari vagina.
Persalinan yang sudah semakin dekat itu artinya akan semakin banyak tanda yang bisa Anda perhatikan, seperti misalnya saja keluar lendir dari vagina. Leher rahim yang mulai rileks sehingga sumbat alami mulai untuk keluar. Cairan yang dimaksudkan disini adalah berwarna jernih seperti darah tetapi tidak terlalu kental. Atau dalam dunia kedokteran disebut dengan bloody show dan menjadi indikasi akan melahirkan.

  1. Kontraksi lebih sering.
Masuk dalam tanda yang membuat para ibu tidak bisa konsentrasi dalam segala aktivitas layaknya biasa. Dimana konstraksi yang dirasakan itu sangat sakit, bahkan tidak hanya sekali dua kali saja tetapi beberapa detik sekali. Mulas karena otot dalam rahim mengencang selain itu terjadi secara kuat dan sangat konsisten sekali.

  1. Air ketuban pecah.
Dan paling umum diketahui oleh banyak orang sebagai tanda melahirkan adalah terjadinya pecahan air ketuban. Ini umumnya dirasakan oleh para wanita, tetapi memang dirasakan ketika sudah memasuki konstraksi yang lebih sering. Hal tersebut umumnya akan menyusul dalam kontraksi.

Nah, itulah ada beberapa tanda umum yang bisa dikenali sebagai petunjuk jika kelahiran semakin dekat. Umumnya sebagai pasangan yang baru akan menjadi calon orang tua merasa khawatir, takut dan cemas. Hal itu wajar karena memang baru pertama kali mengalami dan belum pernah merasakan rasa atau kondisi seperti itu sebelumnya. Namun tetap tenang, perhatikan istri sampai dengan melewati masa berat melahirkan untuk bertemu buah hati. Umumnya dokter juga akan memberikan arahan tanda-tanda akan melahirkan seperti apa yang perlu diwaspadai.